BOTD Bahasa Inggris vs. BOTD Bahasa Indonesia

Nah, bagaimana menurut anda tentang perbedaan fenomena BOTD Bahasa Inggris dengan yang Bahasa Indonesia?? Dan bagaimana pula dengan gaya komen kita?? Apakah setiap komen “wajib” dijawab?? 😀

« Spektrum Pemikiranku

Saya rasa BOTD itu lebih mencerminkan karakteristik pembaca blog (bisa blogger juga, bisa saja hanya netter biasa) ketimbang bloggernya sendiri. Yang nulis serius2 di blog Indonesia saya kira juga banyak, tapi yang dicari oleh pembaca ya… yang seperti itu. ? Saya kira internet di Indonesia saat ini masih lebih banyak digunakan sebagai sarana hiburan dan sosialisasi, belum sepenuhnya dipandang sebagai sarana belajar dan memperoleh pengetahuan baru.

Btw, bung Arul pernah iseng-iseng membandingkan 10 situs top di negara2 ASEAN berdasarkan ranking Alexa.. Salah satu hasilnya, di Indonesia dan Malaysia situs Wikipedia tidak masuk top 10, sementara di Brunei, Filipina, dan Singapura ia masuk. Di sisi lain, cuma Indonesia satu-satunya negara yang 2 situs lokalnya (Kaskus dan Detik) masuk top 10.

Lalu soal komentar, saya rasanya hanya membalas komentar yang memang butuh jawaban itupun kalau sempat. Kalau hanya komentar pendek2 yg sifatnya memuji atau mengamini begitu saya malah bingung bagaimana membalasnya dengan tanggapan tidak terkesan klise atau basa-basi. 😐

About this entry