Win-win Solution?

Misalnya kamu diberi uang oleh ibu kamu untuk membayar kos. Berhubung biayanya dihitung tahunan, maka ibu sengaja memberikan uang tersebut beberapa bulan sebelum deadline. (alasan: supaya uang tersebut terpisah/tidak tercampur dengan tetek-bengek rumah tangga)

Meskipun demikian, tanpa sepengetahuan ibu, kamu memutuskan untuk mendepositokan uang tersebut di rekening bank. Sedemikian hingga kamu mendapat bunga dari simpanan tersebut.

Ketika tiba masa pembayaran kos, kamu menarik uang sejumlah yang awalnya diberikan oleh ibu, dan membayarnya ke pemilik kos. Adapun bunganya kamu diamkan di rekening.

Jadi, uang kos yang dititipkan ibu kamu bungakan di bank tanpa sepengetahuan beliau. Hasil bunga tersebut kemudian kamu jadikan milik pribadi.

Pertanyaannya: apakah tindakan tersebut etis?

Win-win Solution? « sora-kun.weblog()

Sebagai orang yang berlatar belakang psikologi, saya cuma bisa bilang… tergantung. Tergantung nilai-nilai yang dimiliki orangtua si anak itu. Ada orangtua yang mungkin akan senang dengan kecerdikan si anak dalam mencari uang tambahan secara halal dan mudah. Ada juga yang mungkin merasa marah atau kecewa karena anaknya tidak memberitahukan (bahkan menyembunyikan) keberadaan deposito uang kos itu.

Saya pribadi sih, rasanya lebih baik diberitahukan (atau mengusulkan sejak awal kalau uang itu lebih baik didepositokan saja). Keterbukaan dan keterusterangan dalam hubungan antarpribadi (apalagi soal orangtua-anak) bagi saya hampir selalu merupakan sesuatu yang positif. Kalau bunga itu diminta lagi, ya risiko, toh memang itu bunga dari duit mereka juga kan. P

Btw, bagaimana kalau kasusnya begini: Bos pemilik perusahaan yang menitipkan uang ke anda (karyawannya) untuk membayar sewa gedung di akhir tahun, lalu anda mendepositokannya? Atau… heck, anda ‘meminjam’ uang perusahaan yang nganggur tanpa sepengetahuan bos, mendepositokannya, mengambil bunganya, dan mengembalikan dana awalnya ke tempat semula? Agak beda sih ‘rasanya’, tapi kayaknya secara prinsip serupa. ?

Iklan

About this entry