Palestina = Hamas?

lho studi kasusnya israel VS palestina kok bisa jadi israel VS hamas?? apa menurut anda para pendukung palestina di seluruh dunia itu pasti juga pendukung HAMAS?

Contoh Fallacy di Sekitar Kita: Studi Kasus Palestina-Israel « sora-kun.weblog()

memang agak overgeneralisasi juga kalau kita menganggap ‘Israel’ dan ‘Palestina’ sebagai sebuah entitas yang tunggal dan posisinya kekal sepanjang zaman. Ada banyak faksi di sana, dan posisi mereka pun berubah-ubah seiring waktu.

Israel di bawah Yitzhak Rabin tentu berbeda dengan Israel di masa Ariel Sharon. PLO juga dulu mengambil jalan keras, lalu akhirnya jadi lebih diplomatis sehingga dicap sellout oleh faksi2 ekstrim seperti Hamas. Dan dengan pemerintahan Palestina yang retak seperti sekarang, sulit menyebut siapa yang menjadi yang berhak menyandang status otoritas resmi Palestina.

Dan sekedar menambahkan dua sen saya: Kedua pihak harus mau berkompromi dan ‘rela melepaskan sesuatu’ kalau mau perang ini berakhir dengan damai. That’s the way of politics and diplomacy. Mencoba memplot masa depan berdasar masa lalu (pra-1967, pra-1948, pra-1920an, dan yang lebih kuno lagi) selama ini terbukti tidak pernah berhasil. Both sides have to accept the present reality of the opposing side’s conditions.

(tangan berkacak pinggang sambil tersenyum sedih mengingat nasib buruk China kalah dikeroyok hingga terpaksa menyerahkan Macau dan Hongkong pada negara pengeroyoknya)

Entah Cina sejak awal sengaja atau tidak, akhirnya mereka malah untung besar kan setelah HK dan Macau dikembalikan dengan penuh kemakmuran. …sayang kita ‘cuma’ dijajah Belanda. ?

Iklan

About this entry