Apakah Jantung Punya Ingatan?

Btw, ada yang tau ga kalau hati juga punya memori? Hati di sini jantung ya. Secara bahasa inggrisnya hati itu heart, yang adalah jantung.

Ngomongin Bersih Hati (Belajar dari Mr. Adrian Monk) « Life is a Gift

Nggak lah, hati itu ‘cuma’ alat pompa darah, gak punya perangkat sama sekali untuk berpikir atau mengingat. Ketika orang membicarakan ‘hati’ sebagai kiasan, sesungguhnya yang mereka bicarakan itu ya otak juga; jadi saya agak kurang setuju dengan dikotomi otak versus hati.

hm, berat juga ya pembicaraan kita D
Aku mengakui kalau belum benar-benar baca. Aku juga diceritain orang sih. Jadi, ada orang yang harus ganti jantungnya, ya sakit lah ya. Orang yang ganti jantung udah tua, dapat jantungnya anak muda. Setelah ganti jantung ini, orang tua yang ga pernah suka sama musik rock, tiba2 suka ama musik rock dengan band tertentu yang ternyata sangat disukai sama anak muda itu D Cuma cerita sih D

Eh, ternyata nggak sesederhana itu ding; berikut saya kutip dari [sini]:

Memory cells, or T cells, are part of the immune system and carried in the blood stream. Due to the fact that they are carried in blood, the heart does help pump them, but it does not “have” memory cells of its own.

Hipotesisnya, kalau ada sel-sel memori yang masih tertinggal di jantung ketika ia ditransplantasikan ke tubuh baru, maka bisa saja terjadi hal-hal seperti itu. Harus diperhatikan pula sih kalau belum ada penelitian yang mengkonfirmasi dugaan ini… ?

Iklan

About this entry